LAPORAN PENELITIAN

Suatu penelitian tidak hanya berhenti pada pengumpulan dan anailisis data saja. Penelitian dikatakan selesai apabila hasil penelitian tersebut ditulis dalam bentuk laporan penelitian dan dipublikasikan. Benruk dan format laporan penelitian itu bermacam-macam. Tetapi pada prinsipnya suatu bentuk penulisan laporan penelitian yang perlu diperhatikan mencakup isi laporan dan bentuk atau format laporan.

A. ISI LAPORAN

Laporan suatu kegiatan penelitian memuat berbagai aspek yang dapar memberi gambaran kepada orang lain atau pembaca tenrans seiuruh kegiatan, langkah, metode, teknik maupun hasil dari penelitian tersebut. Laporan penelitian sebagai salah satu bentuk laporan ilmiah mempersoalkan :

a. Masalah apa yang diteliti dan cara mempersoaikan masalah tersebut.

b. Kepada siapa hasil penelitian tersebut berlaku, atau seberapa jauh hasil penelitin tersebut berlaku (mewakili populasi).

c. Pendekatan teknis apa yang dipakai.

d. Hasil penelitian.

e. Kesimpulan penelitian.

Persoalan ”masalah” penelitian merupakan deskripsi tentang masalah dalam suatu rumusan yang operasional, termasuk analisis dan pembatasan serta reori-teori yang mendasari perumusan masalah ter­sebut. Persoalan kepada siapa hasil penelitian itu berlaku, adalah menyangkut populasi dan sampel penelitian serta teknik pengambilan sampel yang digunakan. Sedangkan pendekatan teknis, mempersoalkan prosedur atau metodologi, alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan, serta proses analisis data. Hasil penelitian, mempersoalkan klasifikasi data serta pengolahannya. Hal yang terakhir adalah masalah kesimpulan, merupakan generalisasi hasil penelitian.

Dengan uraian atau mempersoalkan berbagai faktor sebagai bagian dari isi laporan tersebut pembaca dapat mempunyai gambaran tentang pelaksanaan secara keseluruhan, sekaligus dapat mengevaluasi penelitian tersebut “bias” atau tidak. Sebab, penelitian yang bias akan menghasilkan kesimpulan atau generalisasi yang menyimpang sehingga hasil penelitian tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

B. BENTUK ATAU FORMAT LAPORAN PENELITIAN .

Agar hasil penelitian mudah dipahami oleh orang lain, maka hasil tersebut harus disusun dalam format dan sistematika yang baik. Bentuk atau format laporan penelitian ini tiap perguruan tinggi atau tiap lembaga penelitian mempunyai cara yang berbeda-beda. Tetapi secara umum laporan penelitian sebagai karya ilmiah terdiri dari tiga bagian, yakni: bagian pendahuluan, bagian inti/ isi laporan dan bagian penutup. Perincian dari bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut: .

1. Bagian pendahuluan, yang terdiri dari :

a. Halaman judul

b. Kata Pengantar

c. Daftar isi

d. DaftarTabel

e. Daftar Gambar, Grafik atau Diagram (Ilustrasi), apabila ada.

2. Bagian inti/ isi laporan, terdiri dari :

a. Pendahuluan, berisi tentang:

1) Latar belakang masalah

2) Pernyataan masalah

3) Tujuan penelitian

4) Perumusan hipotesis

5) Definisi variabel-variabel

b. Bahan danc ara (metode penelitian), terdiri dari:

1) Deskripsi bahan (daerah) penelitian

2) Populasi dan sampel penelitian

3) Cara pengumpulan data

4) Alat pengumpulan data

5) Rencana analisis data

c. Hasil penelitian, terdiri dari:

1) Penyajian data

2) Uji statistik (apabila ada)

3) Analisis dan interpretasi hasil penelitian atau pembahasan hasil penelitian

d. Kesimpulan dan rekomendasi (saran) yang terdiri dari:

1) Kesimpulan hasil penelitian

2) Rekomendasi (saran-saran), biasanya terdiri dari:

a) Rekomendasi untuk peningkatan program

b) Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya

3. Bagian penutup, terdiri dari:

a. Daftar kepustakaan

b. Lampiran-lampiran, apabila ada

c. Indeks atau daftar istilah, apabila ada

Bagian pokok isi laporan seperti yang diuraikan di atas adalah yang umum dipakai untuk penulisan laporan penelitian biasa. Tetapi apabila hasil penelitian tersebut akan merupakan skripsi sarjana, tesis magister (pascasarjana), atau disertasi doktor biasanya menggunakan format sebagai berikut:

  1. Pendahuluan, terdiri dari:

a. Latar belakang

b. Perumusan masalah.

c. Tujuan penelitian.

d. Kegunaan (manfaat) penelitian.

  1. Tinjauan kepustakaan, yang biasanya terdiri dari:

a. Teori-teori yang berkaitan dengan penelitian tersebut.

b. Hasil-hasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan penelitian tersebut.

  1. Kerangka konsepsual dan hipotesis :

a. Asumsi-asumsi kerangka konsepsual.

b. Kerangka konsep penelitian (biasanya dengan bagan atau ilustrasi).

c. Hipotesis-hipotesis.

d. Variasi-variasi penelitian dan definisi variabel-variabel tersebut.

  1. Bahan dan cara (metode penelitian).
  2. Hasil dan pembahasan penelitian.
  3. Kesimpulan dan rekomendasi.
  4. Daftar kepustakaan (referensi).
  5. Lampiran-lampiran.

Pendahuluan

Dalam pendahuluan ini diuraikan tentang latar belakang masaiah, yaitu beberapa hal yang berkaitan dengan objek yang diteliti serta situasi pada saatini. Kemudian dirumuskan masaiah yang menjadi pertanyaan penelitian, atau sesuatu perumusan masaiah yang periu dijawab dengan penelitian. Selanjutnya dirumuskan tujuan penelitian yang merupakan keluaran atau output yang dicapai dalam penelitian tersebut. Dari tujuan yang telah dirumuskan ini dapat diperkirakan manfaat atau gunanya penelitian tersebut bagi suatu program kesehatan dan bagi pengembangan ilmu kesehatan/ kedokteran.

Kerangka Konsepsual dan Hipotesis

Kerangka konsepsual merupakan visualisasi dari arah pemikiran penelitian yang akan dilakukan. Arah pemikiran ini sebenarnya meru­pakan hubungan antara variabel-variabel atau faktor-faktor yang diteliti. Untuk menggambarkan kerangka konsep ini diperlukan asumsi-asumsi atau teori-teori yang mendasari ide penelitian tersebut. Dari kerangka konsep ini terlihat variabel-variabel yang diteliti, dan selanjutnya batasan atau definisi dari tiap variabel tersebut.

Tinjauan Kepustakaan

Tinjauan kepustakaan adalah merupakan analisis teoretik tentang masalah yang diteliti, yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian yang telah ada dan atau hasil studi kepustakaan. Hal ini juga merupa­kan analisis masalah secara teoretis, yang didukung oleh berbagai teori dan hasil studi lain. Cara mengambil teori atau “statement” dari berba­gai sumber kepustakaan tersebut dapat dilakukan dengan mengambil intisarinya saja, atau dengan cara “mengutip” bagian tertentu untuk mempertegas atau memperkuat pendapat atau pandangan.

Bahan dan Cara (Metode Penelitian)

Bahan dan cara ini lebih tepat digunakan dalam penelitian di bidang eksakta. Sedangkan untuk penelitian di bidang sosial, ekonomi, dan budaya, sering menggunakan istilah “Objek dan Metode Penelitian”. Pada prinsipnya pada bagian ini diuraikan bahan atau materi yang digunakan dalam penelitian tersebut. Karena itu, pada-penelitian kesehatan masyarakat pada umumnya yang dimaksud dengan bahan penelitian ini adalah masyarakat sebagai objek penelitian. Sedangkan metode di sini menguraikan metode atau cara yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Dari Bagian penelitian sampai bahan dan cara peneiitian tersebut, di dalam skripsi, tesis, atau disertasi, sebenarnya sudah ada di dalam proposal penelitian.

Hasil dan Pembahasan

Hasil analisis data baik dengan analisis kualitatif maupun kuantitatif disajikan pada bagian ini. Penyajian hasil penelitian hendaknya secara terpadu, tidak dalam bentuk terpisah-pisah. Hasil penelitian yang biasanya berbentuk interpretasi data dibahas secara kritis dengan melihat kaitannya dengan hasil-hasil penelitian atau teori lain. Hal ini erat kaitannya dengan tinjauan kepustakaan sebagai dasar dalam membuat pembahasan.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan penelitian dibuat dalam dua bagian, yakni bagian umum dan bagian khusus. Kesimpulan khusus merupakan kristalisasi hasil interpretasi dalam analisis data, sedangkan kesimpulan umum merupakan ungkapan menyeluruh dari kesimpulan khusus, yang berfungsi sebagai informasi objektif dan pendapat yang teruji tentang masalah tersebut. Berdasarkan kesimpulan tersebut selanjutnya diru­muskan saran-saran operasional, konsep, maupun kebijaksanaan yang sejalan dengan kesimpulan atau hasil penelitian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: